Loker Rekrutmen Terbuka Pegawai Badan Pengelola Keuangan Haji Tahun 2025

Deskripsi Pekerjaan

BPKH adalah lembaga yang melakukan pengelolaan Keuangan Haji. Keuangan Haji adalah semua hak dan kewajiban pemerintah yang dapat dinilai dengan uang terkait dengan penyelenggaraan ibadah haji serta semua kekayaan dalam bentuk uang atau barang yang dapat dinilai dengan uang sebagai akibat pelaksanaan hak dan kewajiban tersebut, baik yang bersumber dari jemaah haji maupun sumber lain yang sah dan tidak mengikat. Pengelolaan Keuangan Haji berasaskan pada prinsip syariah, prinsip kehati-hatian, manfaat, nirlaba, transparan dan akuntabel. Pengelolaan Keuangan Haji bertujuan meningkatkan kualitas Penyelenggaraan Ibadah Haji, rasionalitas dan efisiensi penggunaan BPIH dan manfaat bagi kemaslahatan umat Islam.

BPKH adalah lembaga yang melakukan pengelolaan Keuangan Haji. Keuangan Haji adalah semua hak dan kewajiban pemerintah yang dapat dinilai dengan uang terkait dengan penyelenggaraan ibadah haji serta semua kekayaan dalam bentuk uang atau barang yang dapat dinilai dengan uang sebagai akibat pelaksanaan hak dan kewajiban tersebut, baik yang bersumber dari jemaah haji maupun sumber lain yang sah dan tidak mengikat.

Pengelolaan Keuangan Haji berasaskan pada prinsip syariah, prinsip kehati-hatian, manfaat, nirlaba, transparan dan akuntabel. Pengelolaan Keuangan Haji bertujuan meningkatkan kualitas Penyelenggaraan Ibadah Haji, rasionalitas dan efisiensi penggunaan BPIH dan manfaat bagi kemaslahatan umat Islam.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan pegawai di lingkungan Badan Pengelola Keuangan Haji, dengan ini Badan Pengelola Keuangan Haji mengumumkan pelaksanaan rekrutmen terbuka untuk 11 formasi jabatan sebagai berikut:

Lowongan Kerja Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH)


Posisi Kebutuhan Asisten Manajer Investasi Surat Berharga 1 Asisten Manajer Investasi Surat Berharga Lainnya dan Emas 1 Asisten Manajer Analisis Portofolio dan Penyelesaian Transaksi 2 Asisten Manajer Bisnis Digital 2 Asisten Manajer Pengembangan dan Konfigurasi TI (Fullstack Developer) 1 Asisten Manajer Pengembangan dan Konfigurasi TI (Mobile Application Developer) 1 Asisten Manajer Perencanaan dan Arsitektur Teknologi Informasi 1 Asisten Manajer Manajemen Sistem Informasi (Data Engineer) 1 Asisten Manajer Transformasi Digital, Sistem dan Prosedur Digital dan PMO) 1 Jumlah 11

Persyaratan Umum

  • Warga Negara Indonesia;
  • Sehat jasmani dan rohani;
  • Memiliki integritas dan kepribadian yang tidak tercela;
  • Memiliki kualifikasi dan kompetensi sesuai dengan kebutuhan;
  • Tidak sedang menjadi tersangka atau terdakwa dalam proses peradilan;
  • Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan keputusan pengadilan yang sudah mempunyai keputusan hukum yang tetap;
  • Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat sebagai pegawai; dan
  • Tidak sedang menjabat sebagai pengurus dan/atau anggota partai politik.

Persyaratan Khusus:

  • Lulusan Perguruan Tinggi Dalam Negeri dengan nilai Indek Prestasi Kumulatif (IPK) di atas 3 pada skala 4;
  • Lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri dengan penyetaraan ijazah dan Indek Prestasi Kumulatif (IPK) dari Kemdiktisaintek, dengan nilai di atas 3 pada skala 4;
  • Pengalaman kerja minimal 3 tahun, termasuk pengalaman kerja yang diminta pada bagian (Persyaratan Khusus Jabatan). Pengalaman kerja dibuktikan dengan surat keterangan/referensi atau bukti lain yang mendukung;
  • Nilai kemampuan Bahasa Inggris minimal 500 untuk TOEFL/setara yang dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku; dan
  • Tidak pernah melakukan tindak pidana, fraud, kejahatan digital dan kejahatan keuangan, yang dibuktikan dengan melampirkan SKCK yang masih berlaku.

Pendaftaran:

Pendaftaran dilakukan dengan menyampaikan dokumen-dokumen yang dibutuhkan, di antaranya sebagai berikut:

  • Curriculum Vitae (CV) Terbaru;
  • Softcopy Kartu Tanda Penduduk (KTP);
  • Pas Photo 4×6 Berlatar Putih;
  • Softcopy ljazah (minimal S1/setara) dan Transkip Nilai;
  • Surat Keterangan Kerja / Referensi / Bukti lain yang mendukung;
  • Sertifikat kemampuan Bahasa Inggris (TOEFL/setara) yang masih berlaku; dan
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku dan Pakta Integritas sesuai format BPKH disampaikan setelah kandidat dinyatakan lolos seleksi administrasi.

Pendaftaran dibuka mulai tanggal 6 Oktober 2025 dan ditutup pada tanggal 13 Oktober 2025 pukul 24.00 WIB, dan durasi ini dapat diperpanjang, apabila BPKH memerlukan.

1. Asisten Manajer Investasi Surat Berharga

Kualifikasi :

  • S1 Jurusan Manajemen/Ekonomi/ Akuntansi/jurusan lainnya yang relevan.
  • Memiliki kemampuan analisis keuangan atau data kuantitatif;
  • Familiar dengan data analysis tools dan Ms. Excel;
  • Pernah bekerja pada lembaga keuangan minimal 1 tahun.

2. Asisten Manajer Investasi Surat Berharga Lainnya dan Emas

Kualifikasi :

  • S1 Jurusan Manajemen/Ekonomi/ Akuntansi/jurusan lainnya yang relevan.
  • Menguasai analisis laporan keuangan korporasi dan produkfixed income pasar modal.

3. Asisten Manajer Analisis Portofolio dan Penyelesaian Transaksi

Kualifikasi :

  • S1 semua jurusan.
  • Memahami produk Perbankan Syariah;
  • Mampu melakukan analisis data;
  • Memahami roduk- rooduk asar modal dasar.

4. Asisten Manajer Bisnis Digital

Kualifikasi :

  • S1 Jurusan Ekonomi dan Bisnis/Teknologi Informasi/Statistika/ jurusan lain yang relevan.
  • Diutamakan jurusan Manajemen/ Akuntansi/Bisnis/ Teknik Informatika/ Sistem Informasi/ Statistika
  • Pengalaman bekerja minimal 3 (Tiga) tahun pada bidang pengembangan produk/program/ bisnis di lembaga atau industri keuangan/ perbankan;
  • Memiliki kemampuan analisis data dan pengelolaan management information system (MIS);
  • Memiliki pengalaman dalam membangun dan mengembangkan layanan/produk digital/ electronic channel, dan kolaborasi bersama mitra dalam kerjasama bisnis/Tl dan atau perluasan fitur dan produk;
  • Memiliki pemahaman tentang teknologi dan inovasi digital.

5. Asisten Manajer Pengembangan dan Konfigurasi TI (Fullstack Developer)

Kualifikasi :

  • S1 Jurusan Teknik Informasi/ Ilmu Komputer/ Sistem Informasi/jurusan lain yang relevan.
  • Pengalaman bekerja minimal 3 (tiga) tahun dalam mengembangkan aplikasi;
  • Memiliki pengalaman dan kemampuan dalam membuat Application Programming Interface (API) beserta autentikasinya;
  • Memiliki pengalaman dan portofolio pengembangan aplikasi dengan bahasa pemrograman minimal Java, .Net, PHP dan wajib melampirkan minimal 7 url aplikasi dan/atau screenshot;
  • Memiliki pengalaman dan kemampuan dalam mengelola DBMS seperti Oracle, Postgre SQL, Microsoft SQL Server dan MySQL;
  • Memiliki pengalaman dan kemampuan dalam pengembangan dan deployment aplikasi yang menggunakan Git, monolitik server dan container base;
  • Bersedia mengikuti tes coding

6. Asisten Manajer Pengembangan dan Konfigurasi TI (Mobile Application Developer)

Kualifikasi :

  • S1 jurusan Teknik Informatika/llmu Komputer/Sistem Informasi/jurusan lain yang relevan
  • Pengalaman bekerja minimal 3 (tiga) tahun dalam mengembangkan aplikasi berbasis mobile;
  • Memiliki pengalaman dan kemampuan dalam menggunakan Application Programming Interface (API) beserta autentikasinya;
  • Memiliki pengalaman dan portofolio pengembangan aplikasi berbasis mobile yang minimal menggunakan framework ionic, react native dan wajib melampirkan minimal 5 url aplikasi dan/atau screenshot;
  • Memiliki pengalaman dan portofolio publikasi aplikasi berbasis mobile ke Google Playstore dan Apple Appstore;
  • Diutamakan memiliki pengalaman dan kemampuan dalam mengelola DBMS seperti Oracle, Postgre SQL, Microsoft SQL Server dan MySQL;
  • Bersedia mengikuti tes coding.

7. Asisten Manajer Perencanaan dan Arsitektur Teknologi Informasi

Kualifikasi :

  • S1 Teknologi Informasi/Teknik Informatika/llmu Komputer/jurusan lain yang relevan
  • Pengalaman bekerja minimal 3 (tiga) tahun pada bidang Teknologi Informasi (TI);
  • Memiliki pengalaman dalam menyusun atau berkontribusi pada rencana strategisTI;
  • Memiliki pengalaman atau pemahaman mengenai pengelolaan Enterprise Architecture (EA);
  • Memiliki pengalaman atau pemahaman mengenai IT-Business Relationship Management;
  • Memiliki pengalaman atau pemahaman mengenai manajemen proyek TI;
  • Memiliki pengalaman atau pemahaman mengenai analisis kebutuhan bisnis (business requirement analysis);
  • Memiliki kemampuan dalam menyusun rencana kegiatan dan menyusun anggaran;
  • Diutamakan memiliki sertifikasi yang terkait dengan TOGAF, IT-Project Management, dan/atau IT-Business Analyst.

8. Asisten Manajer Manajemen Sistem Informasi (Data Engineer)

Kualifikasi :

  • S1 jurusan Teknik Informatika/Ilmu Komputer/Sistem Informasi/Statistika/ jurusan lain yang relevan
  • Pengalaman bekerja minimal 3 (tiga) tahun sebagai Data Engineer;
  • Memiliki pengalaman dalam mengelola proyek data end-to-end dari infrastructure setup, data ingestion, hingga penyajian data;
  • Terbiasa bekerja dalam lingkungan big data dan sistem yang kompleks;
  • Menguasai PostgreSQL, MySQL, dan Python;
  • Menguasai tools ETL/ELT dan workflow orchestration seperti Apache Airflow, dbt,
  • Talend, Luigi, atau sejenisnya;
  • Familiar dengan cloud platform (minimal salah satu): AWS, GCP, Azure;
  • Memiliki pengalaman dalam pengelolaan dan optimalisasi data warehouse dan data lake.

9. Asisten Manajer Transformasi Digital, Sistem dan Prosedur Digital dan PMO)

Kualifikasi :

  • S1 jurusan Manajemen/Sistem Informasi/jurusan lain yang relevan
  • Pengalaman bekerja minimal 3 (tiga) tahun pada bidang TI, transformasi bisnis korporasi/lembaga publik;
  • Memiliki pengalaman dalam menyusun atau berkontribusi pada Roadmap Transformasi Digital;
  • Memiliki pengalaman atau pemahaman mengenai business process management;
  • Memiliki pengalaman atau pemahaman dalam melaksanakan evaluasi proses implementasi Roadmap Transformasi Digital;
  • Memiliki pengalaman atau pemahaman dalam mengelola quality assurance atas implementasi Roadmap Transformasi Digital;
  • Memiliki pengalaman atau pemahaman dalam Project Management Office;
  • Diutamakan memiliki sertifikasi yang terkait dengan Project Management, Business Process Mana ement, dan/atau TOGAF.

Tahapan seleksi terdiri dari:

  1. Seleksi Administrasi
  2. English Test
  3. Psikotes Online
  4. Detail Oriented Test
  5. Assessment Center
  6. Uji Kompetensi Teknis
  7. Panel Interview
  8. Medical Check Up

Di mana lokasi penempatan kerja?

  • Kantor pusat BPKH berlokasi di Jakarta, sehingga penempatan awal peserta yang lulus rekrutmen umumnya akan dilakukan di kantor pusat.

Informasi Umum:

  1. Proses seleksi rekrutmen pegawai BPKH Tahun 2025 dilakukan oleh One GML sebagai Hiring partner BPKH.
  2. Pelamar hanya dapat mengajukan lamaran secara online, dengan melengkapi seluruh persyaratan yang dibutuhkan. Panitia tidak menerima lamaran melalui email atau pos.
  3. Periode registrasi online dimulai pada tanggal 6 Oktober 2025 dan akan berakhir pada tanggal 13 Oktober 2025 pukul 24:00 WIB.
  4. Lamaran yang diterima di luar periode tersebut tidak akan diproses.
  5. Siapkan dokumen-dokumen penting berikut sebelum mendaftar:
    • CV Terbaru
    • KTP
    • Ijazah dan Transkrip Nilai terakhir
    • SKCK (disampaikan setelah kandidat dinyatakan lolos seleksi administrasi)
    • Sertifikat Toefl / TOEIC / IELTS Setara
    • Surat Keterangan kerja
    • Sertifikat pendukung (jika ada)
    • Pas foto terbaru ukuran 4×6 berlatar putih
  6. Proses seleksi dilakukan oleh PT. GML Performance Consulting, dengan wawancara akhir oleh Panitia Seleksi BPKH. Setiap tahap dievaluasi untuk menentukan kandidat yang dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.
  7. Informasi kelulusan tiap tahap disampaikan melalui media sosial resmi BPKH dan GML. Peserta wajib memastikan e-mail dan nomor telepon aktif serta rutin memantau e-mail untuk update seleksi.
  8. PT.GML Performance Consulting dan BPKH memiliki hak penuh untuk menentukan kelulusan kandidat pada setiap tahap seleksi yang dilakukan. Keputusan penyelenggara bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Ketentuan Diskualifikasi

  1. Peserta memberikan data atau dokumen yang tidak benar/tidak sesuai dengan fakta.
  2. Peserta terbukti melakukan kecurangan dalam tahapan seleksi.
  3. Peserta tidak hadir pada salah satu tahapan seleksi tanpa keterangan resmi.
  4. Peserta melanggar ketentuan atau tata tertib yang telah ditetapkan oleh panitia.

Ketentuan Teknis Online Tes

  1. Tes online wajib dikerjakan menggunakan laptop/PC dengan koneksi internet stabil.
  2. Kamera dan mikrofon harus aktif selama tes berlangsung (jika diminta).
  3. Peserta wajib berada di lingkungan yang tenang, bebas dari gangguan, dan tidak diperkenankan dibantu oleh pihak lain.
  4. Peserta disarankan menyiapkan perangkat cadangan (laptop/HP dan internet) untuk mengantisipasi kendala teknis.
  5. Keterlambatan login atau kendala teknis yang berasal dari peserta menjadi tanggung jawab peserta.

Kami tidak memungut biaya dalam bentuk apapun selama proses rekrutmen dan seleksi berlangsung. Jika terdapat pihak yang meminta biaya atau menjanjikan kelulusan dalam proses ini, harap segera laporkan melalui:

  • Call Center ONE GML: +62 852-1854-8135
  • Email resmi: admin.ac@gmlperformance.co.id

Nomor WhatsApp hanya untuk kendala mendesak terkait teknis pendaftaran atau laporan kecurangan. Pertanyaan umum tidak akan dilayani melalui WA, pertanyaan umum mengenai rekrutmen dapat dilihat pada kolom FAQ.


Informasi Cepat
Last Update:
October 6, 2025October 7, 2025
Kategori:
Ekonomi Dan Bisnis Full Time Komputer Dan Teknologi Matematika & IPA (MIPA) Pemerintahan S1 Semua Jurusan Sosial Dan Humaniora TeknikEkonomi Dan Bisnis Full Time Komputer Dan Teknologi Matematika & IPA (MIPA) Pemerintahan S1 Semua Jurusan Sosial Dan Humaniora Teknik
Lokasi:
Jakarta
Tipe Pekerjaan:
Full Time
Pendidikan:
S1
Pengalaman:
2 - 5 Tahun